Return to Keuskupan

Keuskupan Denpasar

Paroki Katedral Roh Kudus Denpasar

Profil Singkat: Paroki Katedral Roh Kudus Denpasar  berada di wilayah  Kota Denpasar mencakup  sebagian wilayah kecamatan Denpasar Timur  dan wilayah Kecamatan Denpasar selatan Kota Madya Denpasar. Pusat Paroki  di Jalan Tukad Musi Banjar Sembung, Kelurahan Sumerta Kelod, Denpasar Timur.

Buku permandian sejak tahun 1998. Jumlah permandian dewasa sampai dengan Mei 2010, laki-laki 304 jiwa dan perempuan  496 jiwa.Permandian anak-anak sampai Mei 2010, laki-laki 998  orang dan perempuan 1.015  orang. Jumlah perkawinan  1.071 pasang  dan jumlah penerima sakramen krisma 736 orang.Jumlah umat laki-laki 2.070 orang dan perempuan 2.300 orang. Anak-anak  laki-laki 926 orang  dan perempuan  950 orang. Jumlah orang muda katolik, laki-laki  72 orang dan perempuan 65 orang. Jumlah kepala keluarga  1.504 KK.

Saat ini Paroki Katedral Roh Kudus  dipimpin oleh P.Kristianus Ratu,SVD dan P.Guido Fahik,SVD sejak tahun 2008 dan Rm. Thomas Almasan,Pr  yang khusus untuk Gereja Ekumene Emanuel dan Stasi Longginus Kepaon, mulai bertugas tahun 2008. Tenaga pastoral yang lain adalah katekis  Sebastianus Ratu dan sekretaris paroki Stefanus  Haryanto. Untuk menjalankan program pastoral dibentuk Dewan Pastoral Paroki dengan pengurus inti sebagai berikut; Ketua Bonifasius Trinanta, Wakil Ketua Aloysius Tony Gozal, Sekretaris YB Sutiksno dan bendahara Kiswuri Darmanto.

Karya pastoral di wilayah paroki Katedral  adalah  di bidang pendidikan; TKK St. Yoseph Denpasar, TKK Kuncup Mekar, SDK St. Yoseph I, SDK St. Yoseph II, SMPK St. Yoseph dan SMAK St. Yoseph. Sekolah-sekolah ini bernaung di bawah Yayasan Insan Mandiri milik Keuskupan Denpasar. Kelompok-kelompok kategorial; PD Kharismatik, Legio Maria, KTM, Karmelit Awam, Sovernia, ME, WKRI, Rukun Ibu Paroki, Gamaliel Sonora, Saint Egidio, Rukun Kematian dan Sekami.

Sejarah Singkat: Gereja Katedral Roh Kudus Denpasar direncanakan sejak masa kegembalaan Mgr. Paulus Sani Keleden,SVD kemudian dilanjutkan oleh Mgr. Antonius Thijssen,SVD, Mgr. Vitalis Djebarus,SVD dan Mgr. Benyamin Bria,Pr. Meskipun panitia pembangunan sempat berganti-ganti namun akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1993 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katedral.Sejak tahun 1998 bangunan Gereja Katedral sudah bisa dimanfaatkan untuk perayaan ekaristi setiap hari Minggu.

Paroki  Katedral merupakan pemekaran dari Paroki St. Yoseph Denpasar dengan SK Uskup Denpasar Mgr. Dr. Benyamin Yoseph Bria,Pr Nomor:21 Tahun 2001. Sebelum  Gereja Katedral digunakan untuk tempat ibadat, digunakan Gedung Komsos Jalan PB Sudirman. Sampai saat ini KBG yang  ada di wilayah Paroki Katedral adalah; Wilayah Maria Fatima, Regina Caeli, Maria Assumpta, Maria Bunda Karmel, Maria Mater Dei, Maria Stella Maris, St. Mikael, Maria Immacullata, Mater Inviolata, Maria Ratu Rosari, Regina Pacis, Banjar Hati Maria Tak Bernoda, St. Thomas Aquina dan St. Yoseph. Sedangkan stasi-stasi yang masuk dalam wilayah paroki katedral adalah Stasi St. Longginus Kepaon dan Stasi Emanuel.

Imam-imam yang pernah melayani  umat di Paroki Katedral  adalah; Rm. Agustinus Sugyarto,Pr (1998-2001), P. Yoseph Wora,SVD (2001-2007), Rm. Stefanus Dadur,Pr (2001-2003), Rm. Sebastianus Y Ado,Pr (2003-2005), P. Frederikus Dhay,SVD (2007-2008).Termasuk wilayah Paroki katedral adalah Gereja Ekumene Emanuel dengan pastor yang melayani Rm. Thomas Almasan,Pr. Alamat: Gereja Ekumene Emanuel Jl. Sudirman Denpasar Belakang RSAD Denpasar. Stasi Kepaon juga termasuk wilayah paroki Katedral Roh Kudus. Alamat yang dapat dihubungi: Gereja Katolik Katedral Roh Kudus, Jl. Tukad Musi No 1 Renon Denpasar Telp: (0361) 241303 Fax: (0361) 261168.(Ditulis kembali oleh Agust G Thuru berdasarkan laporan Paroki Kathedral).***

Sumber: http://keuskupandenpasar.org/

Foto

Para Frater Keuskupan Denpasar periode 2012/2013