Mar 31 2016

KEBANGKITAN KRISTUS : KASIH YANG MENYELAMATKAN DAN MEYAKINKAN

Minggu, 27 Maret 2016, komunitas Seminari Tinggi St. Petrus, Ritapiret, turut merayakan Paskah, perayaan kebangkitan Tuhan, hari di saat Tuhan melewati umat-Nya. Perayaan Ekaristi Paskah berjalan begitu khusuk dan tenang di kapela Agung Seminari Tinggi St. Petrus, Ritapiret. Perayaan yang dimulai pada pukul 06.30 pagi waktu setempat (WITA), dipimpin oleh Rm. Ansel Liwu, Pr. Perayaan ini berakhir tepat pukul 08.00 pagi waktu setempat, dengan demikian, perayaan ini berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam.

Situasi demikian, didukung oleh koor yang mengalun merdu mengiringi perayaan Ekaristi, mengisi lembut ke dalam relung hati. Penanggung koor pada perayaan Paskah kali ini adalah fraters Tahun Orientasi Rohani (TOR). Diisi oleh pemilik suara-suara mengagumkan, koor yang ditanggungkan kepada fraters TOR pada hari Minggu Paskah kali ini sangat mendukung kekhusukkan dan kemeriahan perayaan Ekaristi Paskah. Lagu-lagu yang dinyanyikan sangat mendukung terciptanya suasana perayaan yang khusuk dan meriah.

Perayaan Ekaristi Paskah ini pula didukung dengan renungan super dari pemimpin perayaan yakni Rm. Ansel Liwu, Pr. Dalam renungannya, dia menggaris bawahi tentang kebangkitan Tuhan sebagai saat-saat yang meyakinkan dan sekaligus meneguhkan iman para murid dan semua orang saja yang percaya kepada-Nya. “kebangkitan Tuhan meyakinkan iman para murid … .” selanjutnya dia mengatakan bahwa Paskah yang dirayakan ini sebagai saat di mana Tuhan lewat atas umat-Nya. “Paskah yang kita rayakan ini hendaknya dimaknai sebagai saat Tuhan melewati umat-Nya.” Demikian Rm. Ansel, Pr, mengakhiri renungan supernya pada hari raya Paskah, saat dimana Tuhan bangkit dan menyelamatkan umat manusia dari kuasa maut.