Mar 31 2016

Sabtu Suci : Terang Kristus yang Mempersatukan

dsc_0219Dibawah tema Kebangkitan Kristus, Kasih yang menyelamatkan, komunitas Ritapiret digemparkan dengan alunan musik dan suara khas fratres tingkat I. Misa yang Agung dihadiri oleh ratusan umat temasuk para peziarah (26/3/16). Namun, sekalipun ancaman hujan muncul di awal pembukaan perayaaan misa suci, semangat umat dalam kegiatan tersebut tidaklah pudar dan surut. Misa yang dipimpin oleh romo moderator Panitia Paskah tahun 2016 ini memberikan suatu warna yang khas. Misa berjalan Dengan lancar dan tanpa kekacauan.

Misa bermula dengan perarakan lilin paskah sembari mengucapkan cahaya Kristus. Namun, cahaya seribu satu lilin memberikan suatu rasa kebangkitan Kristus yang dalam. Dengan dekorasi yang khas panitia menampilkan suatu warna yang indah dalam perayaan.  Dekorasi yang indah hasil polesan tangan Fr. Frein dan kawan-kawan membawa para umat menuju suatu penghayatan Paskah sebagai momen yang menyatukan.

Sepintas, perayaan misa malam Paskah di komunitas Ritapiret adalah suatu momen yang indah. Misa yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam ini, di bawah tema Kebangkitan Kristus, Kasih yang menyelamatkan memberikan suatu rasa persatuan yang dalam. Cahaya Kristus yang mempersatukan adalah cahaya yang pernah mati dan kini telah bangkit sembari membawa suatu harapan baru. Cahaya Kristus yang mempersatukan adalah suatu penghayatan akan iman, di mana Kristus sebagai cahaya merupakan suatu kehidupan baru setelah sekian waktu dianggap sebagai penghujat Allah oleh manusia sendiri.

Misa yang Agung diperlancar oleh Fratres Keuskupan Larantuka sebagai penanggung liturginya. Dengan berbekalkan latihan yang didampingi oleh sie Liturgi, misa menjadi lancar dan berjalan aman tanpa masalah. Namun para prinsipnya, misa malam Paskah adalah suatu momen yang berarti. Pertanyaan di penghujung misa diungkapkan romo moderator, ‘apakah anda sudah mati?’ menghantar umat menuju suatu penyadaran diri yang utuh. Mati berarti, benar-benar mati terhadap segala sikap yang buruk dan berusaha untuk berubah menuju suatu hidup yang lebih berarti.